March 1, 2021
Strategi Permainan Domino

Strategi Permainan Domino

Permainan Domino, kecil, datar, blok persegi panjang yang digunakan sebagai game objek. Domino terbuat dari bahan yang kaku seperti kayu, tulang, atau plastik dan sering disebut sebagai tulang, potongan, pria, batu, atau kartu.

Seperti kartu remi, yang merupakan variannya, domino memiliki tanda pengenal di satu sisi dan kosong atau berpola identik di sisi lain. Wajah yang menunjukkan identitas dari setiap bagian dibagi, dengan sebuah garis atau punggungan, menjadi dua kotak. 

Masing-masing ditandai dengan susunan bintik-bintik, atau “pip,” seperti yang digunakan pada dadu. Kecuali beberapa kotak kosong (ditunjukkan dalam daftar di bawah dengan nol). Set Barat biasanya terdiri dari 28 buah, masing-masing diberi tanda 6-6 (“ganda enam”). Set yang lebih besar hingga 9-9 (58 buah) dan bahkan 12-12 (91 buah) kadang-kadang digunakan. Suku Inuit dari Amerika Utara memainkan permainan mirip domino menggunakan set yang terdiri dari 148 buah.

Asal Permainan Domino

Strategi Permainan Domino

Domino berasal dari Tiongkok, di mana domino atau kartu remi kata yang sama digunakan untuk keduanya. Keduanya identik secara fisik disebutkan pada awal abad ke-10. Hubungan historis dengan domino Barat masih belum jelas. 

Domino Cina tampaknya dirancang untuk mewakili semua kemungkinan lemparan dengan dua dadu. Karena domino Cina (disebut “kartu bertitik”) tidak memiliki wajah kosong dan secara tradisional hanya digunakan untuk permainan pengambilan trik. Jadi, sedangkan Western 5-3 adalah 5 di satu ujung dan 3 di ujung lain, Cina 5-3 adalah 5 dan 3 di seluruh. Seperti dalam kartu 5 klub adalah 5 dan klub di seluruh. Untuk alasan ini permainan domino Cina lebih dapat dibandingkan dengan permainan kartu Barat.

Domino Barat pertama kali tercatat pada pertengahan abad ke-18 di Italia dan Prancis dan tampaknya diperkenalkan ke Inggris oleh tahanan Prancis menjelang akhir abad ke-18. Mereka paling sering digunakan untuk memainkan permainan posisi. 

Dalam permainan posisi, setiap pemain secara bergiliran menempatkan domino dari ujung ke ujung terhadap yang lain sedemikian rupa sehingga wajah yang berdekatan bisa identik (misalnya, 5 hingga 5) atau membentuk beberapa total tertentu.

Permainan Barat Dan Dasar Permainan

Permainan Barat yang paling dasar adalah permainan block-and-draw untuk dua sampai empat pemain. Domino dikocok telungkup di atas meja. Pemain menarik untuk memimpin, yang dimenangkan oleh bidak “terberat” (yang memiliki jumlah pip total tertinggi). Setiap pemain kemudian menarik secara acak jumlah bidak yang dibutuhkan untuk permainan, biasanya tujuh. 

Potongan yang tertinggal disebut stok atau, di Amerika Serikat, boneyard. Pemimpin bermain lebih dulu, umumnya memainkan domino tertinggi (karena, pada akhir permainan, pemain dengan pips paling sedikit menang). Berdasarkan beberapa aturan, seorang pemain, setelah bermain ganda, dapat memainkan tulang lain yang cocok dengannya; misalnya, jika dobel 6 dimainkan, tulang lain yang memiliki 6 di salah satu ujungnya dapat dimainkan.

Pemain kedua harus mencocokkan tulang pemimpin dengan meletakkan tulang di sampingnya di salah satu ujung. Doublet ditempatkan melintang. Seorang pemain yang tidak bisa mencocokkan berkata, “Pergi,” dan kemudian orang berikutnya bermain, kecuali dalam permainan seri (yang lebih populer). Di mana pemain yang tidak bisa mencocokkan menarik dari saham sampai menemukan tulang yang cocok.

Seorang pemain yang berhasil memainkan semua tulangnya memenangkan tangan, mencetak poin sebanyak yang ada di tulang yang masih dipegang oleh lawan. Jika tidak ada pemain yang bisa menandingi, pemenangnya adalah pemain dengan sisa pips paling sedikit; pemenang mencetak poin sebanyak kelebihan yang dipegang oleh yang lain. Game dapat diatur pada 50 atau 100 poin.